Pages

Selasa, 03 Agustus 2010

Dalam kesulitan tetap bertahan

Pelajaran hidup dapat datang dari tempat yang paling tidak diharapkan. Ia memberi tahu namanya adalah “Mo”, kependekan dari Mohamed, dan ia mengantar keluarga saya ke bandara udara dari hotel kami di Orlando, Florida pada suatu Jum’at pagi pukul 4.45.

Mo menjadi pengemudi taksi setahun lalu pada sebuah perusahaan Ramada Transportation, karena bank dimana ia bekerja selama 15 tahun telah memberhentikannya dari pekerjaan tanpa pesangon. Ia dulu seorang wakil direktur wilayah.

“Tidak ada kesetiaan lagi.  Perusahaan tidak peduli terhadap orang-orang kebanyakan seperti Anda atau saya,” katanya dengan bekas luka hati mendalam dalam suaranya.

Mo pindah ke Florida dari New York 10 tahun lalu. Ia menyukai New York dan merasa orang dapat maju jika mereka mau bekerja keras, tetapi ia mempunyai satu alasan utama untuk pindah. “New York, OK, tetapi segalanya bergerak demikian cepat. Florida merupakan tempat yang lebih baik untuk sebuah keluarga,” tuturnya.

Anak lelakinya sekarang 21 tahun, baru satu tahun lulus dari akademi. Itu bagian terberat baginya, berusaha menjaga keluarganya tetap bertahan setelah kehilangan kedudukan dan pendapatan. “Saya lakukan apa yang saya bisa, tetapi tidak  ada  kesempatan   bekerja di sini. Tidak ada orang yang merekrut pekerja dalam kondisi ekonomi seperti ini,” katanya lebih lanjut.

Itulah sebabnya Mo lalu bekerja sebagai pengemudi taksi yang mengantar turis ke dan dari bandara udara sepanjang siang hari atau sore hari, dan ia sangat bersyukur untuk setiap panggilan, bahkan pada pukul 4.45 pagi sekalipun. Tentang pekerjaannya ini, ia berkata, “Ini tidak masalah, meskipun penghasilannya tidak menentu. Pariwisata turun 50%, padahal Florida adalah kota turis,” ia menyimpulkan. Ia dapat terselamatkan dari krisis yang ada karena ia telah menabung uangnya ketika bekerja di bank. Ia seorang master akutansi tetapi tak ada lowongan bagi akuntan juga.

Sehingga Mo kerja keras melakukan hal-hal yang bukan keahliannya, karena ia harus menghidupi keluarganya. Walaupun ia menderita pukulan dalam hidupnya, ia tak mau menyerah. “Segala kejadian ada sebabnya”, katanya. Siapa tahu, mungkin ada sesuatu di luar ini semua. Mungkin keberuntungan yang lebih baik akan terjadi.”

Ia berhenti sejenak, di wajahnya nampak merenung sangat dalam. Kemudian ia berkata lagi, “Tuhan yang baik akan memberi. Saya harus percaya hal itu.”

Walupun saya hanya mengenal Mo selama 15 menit, namun saya merasakan sebuah kekaguman dan penghargaan yang tulus untuknya. Dia seorang pria yang baik, seorang pria jujur yang peduli pada keluarganya. Ia akan mengatasi kesulitan ini karena ia mempunyai  prioritas-prioritas. Ia tahu mana yang penting.

Dan melalui pertemuan 15 menit  itu telah memberi sebuah kesempatan padanya untuk mengantar keluarga kami ke Disney World. Saya tercerahkan oleh seorang lelaki yang telah menunjukkan pada diri saya bahwa walau seseorang sedang menghadapi penderitaan atau kesulitan adalah mungkin baginya untuk dapat tetap mempertahankan martabat dan banyak hal yang dapat disyukuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...