Pages

Sabtu, 21 Agustus 2010

Senyuman

Di raut wajah terpampang  senyuman cemerlang adalah warna rias yang paling indah dan menawan hati dalam dunia ini.

Raut wajah secantik apapun jika tanpa seutas senyum, sangat sulit bisa menyebarkan kepribadian yang menawan. Senyuman yang benar-benar keluar dari dalam hati, bisa mendekatkan jarak diantara kita dan orang lain, merupakan obat pelumas yang paling bagus bagi hubungan antar masyarakat.

Tersenyum adalah bahasa tanpa suara yang sangat menarik. Ketika Anda melihat sudut bibir seseorang terangkat ke atas dengan perlahan, Anda akan bisa tertular dengan kegembiraan dan kebahagiaan yang terpancar dari dalam hati orang itu.

Bila setiap saat dapat memperlihatkan senyuman yang menyenangkan, kita akan bisa memperoleh kesehatan jiwa dan raga yang lebih, senyuman adalah obat perawat kesehatan yang tanpa biaya. Bila di dalam hati ada kasih, raut wajah pasti akan merekah senyuman yang menawan.

Senyuman dari seorang ibu akan membuat anaknya merasakan kebahagiaan yang hangat, senyuman dari guru atau orang tua selalu penuh dengan perhatian dan dorongan tanpa kata-kata. Senyuman dari kekasih membuat orang terbuai, senyuman dari orang asing  mengungkap pribadi yang penuh persahabatan.

Semua ekspresi dari senyuman seperti bunga-bunga yang bermekaran dalam taman bunga, membuat orang yang melihatnya lega dan ikut semangat,  bergembira. Senyuman juga seperti hujan dan embun yang membasahi bumi, penuh dengan vitalitas dan daya hidup.

Ada pepatah yang mengatakan, "Satu senyuman dapat meruntuhkan sebuah kota, dan tersenyum lagi dapat meruntuhkan negara."  Dalam sejarah kuno China ada beberapa dinasti yang runtuh karena senyuman dari sang dewi rupawan. Boleh Anda bayangkan kekuatan dari senyuman, sangat dahsyat tiada tara!

Misalnya yang terjadi pada Raja Zhou You Wang. Hanya karena ia ingin memperoleh senyuman dari selir kesayangannya yang bernama Bao Si, Zhou  You Wang menyalakan api suar (untuk memberi tanda bahaya perbatasan di China zaman kuno) yang telah memperdaya para adipatinya.

Sehingga pada akhirnya ia kehilangan kepercayaan para adipati dan menyebabkan raja tersebut tewas dalam suatu serangan musuh serta negaranya runtuh.

Di dalam peperangan Troy di Yunani kuno, ada berapa banyak rakyat jelata yang menjadi korban dalam peperangan itu. Hanya karena seorang perempuan berparas sangat cantik, yang di wajahnya selalu tersirat senyuman yang menawan, dia bernama  Helen.

Selain itu ada pepatah yang mengatakan demikian: jika Anda tidak bisa tersenyum, jangan membuka toko untuk berdagang. Dari sudut pandang ini, bisa kita ketahui alangkah pentingnya senyuman itu, sampai-sampai menyangkut soal keberhasilan atau tidaknya sebuah perdagangan.

Bagi orang yang berniat berdagang, harus bisa berhasil melatih suatu keahlian yakni apabila berjumpa dengan siapapun harus selalu tersenyum, jika keahlian tersebut sudah berhasil dia latih maka baru bisa menjalin hubungan baik secara luas, sumber pendapatan (keuangan) baru bisa masuk dari segala penjuru.

Di dalam masyarakat sekarang yang mementingkan manfaat dan keuntungan, dimana-mana dipenuhi oleh sifat apatis dan berlawanan, kita seharusnya mempergunakan senyuman untuk menguraikan suasana yang kejam dan jahat, menghangatkan hati orang, meminjam senyuman untuk menyampaikan kegembiraan, rasa syukur dan maksud baik di dalam hati.

Roman wajah yang cantik suatu hari nanti pasti akan menjadi tua renta, tetapi senyuman bagai sinar matahari akan selamanya menawan hati orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...