Pages

Selasa, 10 Agustus 2010

10 Kiat Menjalin Persahabatan


1) Pilih orang yang mempunyai minat sama seperti Anda, dengan tujuan lebih mudah beradaptasi karena mempunyai persamaan. Tapi jangan menafikan orang yang sekilas tidak mempunyai persamaan diri. Ketahuilah, bersikap terbuka itu baik untuk Anda.

2) Ingatlah pada satu pedoman penting, yaitu berlaku baik terhadap orang lain, sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Sekiranya Anda menghormati orang lain,orang lain akan menghormati diri juga.

3) Sadari bahwa tiada siapapun yang sempurna, setiap orang mempunyai sifat-sifat aneh dan lemah, sehingga menerima kelemahan antara satu sama lain bisa mempererat persahabatan.

4) Hargai pendapat satu sama lain.

5) Sadari bahwa kawan yang rapat sekalipun tidak dapat bersama 24 jam. Bina minat-minat yang lain dan jangan "cemburu" apabila sahabat Anda mempunyai minat-minat lain, dan berhasil dalam menggeluti bidang yang disenanginya.

6) Komunikasi sangat penting, seorang kawan tidak selamanya bisa membaca pikiran Anda. Sekiranya ada sesuatu yang mengganggu persahabatan, beritahulah.

7) Jangan biarkan faktor dari luar seperti tekanan (stress) meregangkan persahabatan kita. Kawan yang baik akan membiarkan sahabat melepas perasaan kepada mereka, tetapi jangan hanya mempergunakan mereka untuk melepaskan perasaan. Sebagai balasan, Anda sepatutnya bersedia untuk mendengar keluhan mereka pula.

8) Belajar satu sama lain. Terbukah dengan suatu konsep Anda tidak lebih pintar daripada sahabat Anda, atau sebaliknya.

9) Jangan membicarakan keburukan-keburukannya dibelakang sahabat Anda.

10) Pilih kata-kata dengan bijaksana karena Anda tidak bisa menariknya kembali. Kadang Anda bisa dikarenakan sudah rapatnya Anda dengan sahabat Anda, secara tidak sengaja mengeluarkan perkataan yang menyakitinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...