Pages

Rabu, 18 Agustus 2010

Bersikap Rendah Hati dan Ramah


Di dalam masyarakat terdapat satu macam orang yang dalam jangka waktu panjang hubungan antar manusianya tidak terpelihara dengan baik, di dalam tahapan kehidupan yang beraneka-ragam hampir selalu dikucilkan oleh kelompoknya, tidak mempunyai banyak teman.

Satu kelompok orang ini biasanya memiliki ciri-ciri khusus yakni: reaksi mereka agak lamban dan mudah menimbulkan antipati.

Teknik komunikasi-gaul mereka tidak baik, tidak pandai menyimak kalimat dan menebak mimik wajah serta pada saat yang pas mengeluarkan perkataan yang pas pula.

Lambat laun, mereka telah mengakumulasikan cukup banyak rasa permusuhan terhadap kelompok, dengan secara tidak sadar mereka mulai memunculkan mimik dan gerakan yang mengundang antipati orang lain (misalnya mengerutkan alis, tanpa ekspresi wajah, sewaktu berdialog tatapan matanya tidak terarah dan lain sebagainya), sikap mereka juga berubah menjadi banyak curiga, rasa proteksi dirinya terlalu kuat.Maka dari itu, hubungan antar manusia mereka semakin lama semakin buruk.

Apabila anda menghadapi keadaan seperti tersebut di atas, harap jangan putus asa. Hendak menjadi ahli di dalam komunikasi memang tidak mudah, akan tetapi hendak menjadi orang yang tidak dibenci orang lain justru termasuk sangat mudah. Silakan simak penjelasan sebagai berikut:

Karena reaksi cepat maupun lambat sudah ada semenjak lahir, tutur kata anda tidak lancar, teknik bergaul tidak baik juga merupakan gejala yang sudah eksis sejak lama, maka jangan berupaya mengubah hal-hal yang sulit diubah tersebut. Sebetulnya apa yang mudah diubah? Yaitu sikap bermusuhan dan mimik serta body language yang tanpa disadari mengundang antipati orang.

Tatkala seseorang mampu memperbaiki kekurangan nomor 3, sedangkan kelemahan nomor 1 dan 2 tidak berubah, macam apakah orang tersebut?

Reaksi si A agak lamban, tutur katanya juga tidak menarik perhatian orang lain, di dalam kelompok ia tidak terlalu menonjol, kadang-kadang malah dilupakan di pojok ruangan. Namun, di dalam kelompoknya tiada orang yang membencinya, karena ia seringkali menyunggingkan senyum di wajah, bahkan proaktif bersikap ramah dan atensi terhadap orang lain.

Di dalam pekerjaannya dapat menanggung kerja berat dan menahan omelan, tidak rewel.  Ia meskipun sewaktu berdialog dengan orang lain seringkali tatapan matanya dengan tanpa disadari tidak terarah, tetapi oleh karena di wajahnya selalu tersungging senyuman, maka dari itu para sahabatnya tidak beranggapan bahwa ia sedang marah, dikarenakan ia selalu tersenyum, juga tidak nampak mimik wajah dengan alis mengkerut dan mulut terkunci.

Orang semacam ini di dalam kelompoknya kadang kala diam membisu, namun mereka masih bisa memperoleh pengakuan dari mayoritas kelompok, juga bisa berinteraksi dengan beberapa sahabat.

Perubahan seperti itu tidaklah sulit, sudah cukup asalkan seringkali tersenyum dan mengangguk (kepada orang lain), ramah terhadap orang lain, bisa bekerja keras dan tahan omelan.

Orang yang dalam jangka waktu lama tidak dapat bergaul dengan baik, sebaiknya anda jangan bersikeras menonjolkan diri, karena dengan demikian kadang kadang bisa mengakibatkan antipati yang lebih keras.

Penyebabnya ialah, jikalau kemampuan anda lebih lemah dibandingkan dengan orang lain, sedangkan anda bersikeras menonjolkan diri, maka orang-orang bisa memandang rendah anda. Sedangkan jikalau kemampuan anda lebih kuat daripada kelompok, juga bersikeras menonjokan diri, orang-orang sama saja akan membenci anda. Kenapa?

Karena anda adalah manusia yang di antipati oleh kelompok, jikalau kemampuan anda sangat kuat, di dalam kelompok hanyalah merupakan seorang lawan yang membahayakan, tentu saja mereka akan membenci anda. 

Oleh karena itu, simpan kemampuan anda, lepaskan sikap bermusuhan terhadap orang lain, jadilah seorang yang ramah tamah dan rendah hati.

Apakah anda mengkhawatirkan keistimewaan diri sendiri akan tenggelam di dalam kelompok? Jangan kuatir, asalkan anda memiliki kemampuan yang sesungguhnya maka anda bakal memperoleh penghargaan yang sudah selayaknya.

Ruang psikoterapi

Hendak menjadi seorang bintang gaul adalah sangat tidak mudah, akan tetapi hendak menjadi seseorang yang tidak dibenci oleh orang lain justru sangat mudah. Rendah hati dan ramah, itu saja resepnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...