Pages

Selasa, 03 Agustus 2010

Membangun bisnis sukses dengan tetap mempertahankan hubungan


Selama menjalani kehidupan bisnis, Anda akan bertemu dengan sejumlah pengusaha lainnya. Mereka mungkin saja adalah pengacara, penyedia layanan bisnis, pemasok, pelanggan, dan sebagainya. Orang-orang ini penting bagi bisnis Anda dalam segi tertentu.

Jika Anda mempekerjakan mereka atau mereka membeli produk atau jasa Anda, Anda juga bisa memperoleh pengetahuan bisnis mereka, pengalaman, ide, dan saran.

Bagaimana Anda melakukan hal ini? Tetap terhubung! Jaringan! Jaringan adalah ketika dua atau lebih bisnis berbeda tetap terhubung secara berkala untuk terus membangun dan meningkatkan bisnis masing-masing.

Ada banyak cara untuk bertemu orang-orang bisnis. Bergabunglah dalam klub-klub bisnis dan asosiasi. Berpartisipasilah dalam kelompok diskusi yang berhubungan dengan forum bisnis online, e-mail, dan chat room. Kunjungilah pameran bisnis dan pameran dagang. Gunakan kreativitas Anda untuk menciptakan berbagai ide.

Jika Anda punya waktu, bangunlah grup jaringan Anda sendiri. Anda bisa mengadakan pertemuan di ruang seminar lokal, di taman, atau dalam membangun bisnis Anda sendiri. Jika Anda ingin mengadakan rapat online, gunakan chat room pribadi. Buatlah lembaran informasi atau e-mail untuk tetap memberi informasi kepada anggota setiap kali ada pertemuan.

Simpan informasi kontak rekan semua bisnis Anda dalam satu tempat. Kelompokkan menurut jenis usaha atau profesi agar mudah mencarinya. Jadi, ketika Anda membutuhkan nasihat dalam memasarkan suatu produk baru, Anda dapat menghubungi semua ahli pemasaran yang Anda temui pada pameran dagang yang pernah Anda hadiri.

Jaringan adalah cara jitu dalam membangun bisnis yang sukses. Saya telah menggunakannya berulang kali dan akan terus melakukannya. Saya juga bertemu banyak orang bisnis yang beberapa menjadi teman dekat saya sekarang. (Larry Dotson)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...