Pages

Jumat, 17 September 2010

Senyuman

Senyuman adalah hal yang sangat mempesona. Adalah sangat menarik bahwa senyum dapat datang secara alamiah dan bahkan sangat susah ditahan ketika kita merasa bahagia.


Senyum ini dapat dihasilkan secara sadar kadang asli dan kadang tidak. Senyuman juga membangkitkan rasa penasaran bagaimana ia dapat mempengaruhi kita secara emosional. Senyuman bukan saja hasil dari emosi kita, tetapi mereka juga pereda emosi kita. Tersenyum ketika Anda sedang terpuruk akan bisa memberikan pengaruh positif.

Senyum kita juga mempunyai pengaruh besar pada dunia di sekitar kita. Ketika kita tersenyum pada para individu dari kelompok etnis yang berbeda, kita bisa membantu mengurangi sikap-sikap rasial yang tidak baik.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika para individu dari satu kelompok etnis menerima banyak senyum dari individu-individu kelompok etnis lain, sikap mereka terhadap kelompok etnis berubah dan menjadi lebih positif.

Lagipula, peneliti Dale Jorgenson, seorang ahli dalam hal efek senyuman, menemukan bahwa individu-individu yang tersenyum pada individu lain kemungkinan akan menerima balasan senyuman, dan makin banyak seseorang menerima senyuman, suasana hati mereka juga akan menjadi makin baik. Jadi ketika Anda tersenyum pada orang lain, Anda tidak hanya sedang membuat perubahan pada hari mereka, tetapi Anda juga membuat perubahan pada hari Anda sendiri.

Hari ini ketika berjalan pulang, saya berusaha keras untuk melihat langsung pada orang lain dan berusaha memberikan senyuman. Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan saya yang suka melamun atau tercurah pada jadwal agenda saya, kurang begitu memperhatikan mereka yang berada di sekitar.

Terasa baik!

Saya harus mengatakan kepada Anda, ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Terasa sangat menggembirakan tersenyum pada orang lain dan kemudian melihat mereka menjadi ceria dan balas tersenyum. Saya bahkan tersenyum pada orang-orang yang tadinya saya kira (karena perbedaan golongan, kelompok sosial, atau cantik/tampan) tidak mungkin menganggap saya dan banyak dari mereka menanggapinya meskipun mereka nampak terkejut saya tersenyum pada mereka!

Hampir setiap orang yang saya beri senyuman segera menjadi ceria begitu mereka melihat senyuman saya: laki-laki, perempuan, tua, dan muda. Saya bahkan menyaksikan orang yang tadinya terlihat tidak bersemangat segera mengubah ekspresi mereka.

Kadang-kadang kita tidak tersenyum pada orang lain karena kita merasa tidak aman, tetapi saya pikir tersenyum pada orang lain dapat meningkatkan harga diri kita sendiri. Pikirkan bagaimana ciri khas Anda ketika berjalan kaki di jalan. Apakah Anda memasang tembok pelindung dan hanya melihat ke depan? Apakah Anda memperhatikan orang-orang di sekeliling Anda?

Jika Anda seorang bujangan dan saat berada di perpustakaan, kafe, atau toko buku apakah Anda tersenyum ketika Anda melihat laki-laki atau perempuan yang menarik atau apakah Anda berpura-pura tidak melihatnya?

Secara profesional, apakah Anda pernah merasa terancam dan oleh karena itu menghindari orang lain yang mungkin memiliki jabatan yang lebih tinggi atau seseorang yang nampaknya memiliki segala-galanya?

Bagaimana dengan individu dari golongan kelas lainnya?

Saya ingin mendorong Anda untuk tersenyum pada orang lain mulai hari ini. Tersenyumlah pada orang lain yang Anda temui di pemberhentian bis setiap pagi; tersenyumlah pada seseorang yang nampaknya harus melewati hari yang berat.

Tersenyumlah pada seseorang yang mengganggu Anda; Tersenyumlah pada seseorang yang nampaknya terlalu sibuk bagi Anda. Anda ibarat telah memberi hadiah pada mereka ketika Anda melakukannya. Mungkin yang Anda berikan adalah hal yang justru dibutuhkan orang itu.

Mereka mungkin memilih untuk tidak menerima senyuman atau bahkan menanggapinya, tetapi Anda mungkin akan menemukan bahwa jauh lebih banyak orang yang membalas senyuman daripada mereka yang memalingkan kepala.

Sekarang itu adalah cara sederhana untuk meningkatkan suasana hati anda, menambah kepercayaan diri, dan menyenangkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...