Pages

Kamis, 23 September 2010

6 Kunci Kepemimpinan


Tidak sekedar mengagumi orang-orang sukses, tetapi kita juga harus belajar untuk melakukan apa yang mereka lakukan, dengan kata lain, menggunakan falsafahnya untuk membangun bisnis kita sendiri.

Ada 6 hal penting yang perlu kita perhatikan bila kita ingin sukses dalam memimpin sebuah perusahaan.

1. control your destiny or someone will. Intinya adalah kalau Anda tidak dapat mengontrol tujuan hidup Anda sendiri, maka orang lain lah yang akan mengontrol Anda. Artinya, Anda perlu kemauan untuk sukses, maju, tahu apa yang menjadi cita-cita Anda dan berjuang sendiri ke sana. Karena kalau tidak, hidup Anda akan ditentukan oleh orang lain.

2. face reality as it is. Not as it was or as you wish it were. Kita harus mau menghadapi kenyataan seperti apa adanya. Bukan seperti apa yang kita harapkan atau bukan seperti yang kita bayangkan di masa yang lalu.

Sekarang adalah sekarang, kemarin adalah kemarin. Jangan terus menerus membanggakan kesuksesan yang sudah lalu ataupun menyalahkan keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan anda.

Anda tidak bisa bilang bahwa kalau ayah Anda seorang menteri, kalau saja saya dapat fasilitas dan sebagainya. Tidak ada kata kalau saja, yang penting kenyataan hari ini apa. Itu yang perlu kita hadapi. Semua output yang muncul adalah hasil dari reaksi anda atas keadaan ini.

3. be candid with everyone. Kita harus jujur kepada semua orang. Kita harus mau terbuka kepada semua orang. Kalau karyawan kita jelek, katakanlah jelek. Kalau ia baik pujilah dia dan berilah motivasi untuk menjadi lebih baik.

4. don’t manage lead. Jangan menyuruh orang saja, tetapi pimpinlah orang untuk mencari solusi dan jalan terbaik. Karena kalau Anda masih saja berpikir tentang hal-hal yang kecil, maka Anda tidak akan pernah maju untuk berpikir tentang hal-hal yang besar untuk bisnis Anda.

5. changes before you have to. Berubahlah sekarang sebelum Anda terpaksa berubah. Kalau Anda lihat, sebuah perubahan yang dilakukan karena terpaksa hasilnya tidak akan pernah maksimal.

Tetapi kalau perubahan itu kita lakukan karena kita ingin atau menjadi lebih baik, biasanya hasilnya jauh lebih maksimal. Karena itu anda harus berubah dan siap berubah setiap saat, bukan hanya saat anda terpaksa berubah karena tuntutan keadaan.

6. if you don’t have a competitive advantage, don’t compete. Artinya, kalau Anda tidak punya kelebihan di banding orang lain di bidang itu, maka jangan pernah bersaing. Anda harus punya kelebihan secara apapun, baik secara sifat Anda memanage, cara mengelola bisnis dan lain-lain.

Anda harus lebih dari orang lain. Barulah Anda bisa berkompetisi dan bersaing dengan orang lain. Kalau Anda tidak mempunyai kelebihan dari saingan anda, lebih baik mundur dari bidang itu dan mencari bidang yang lebih anda kuasai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...