Pages

Rabu, 21 April 2010

Ramalan Tahun Macan Logam 2010

TAHUN Kerbau Tanah segera berganti dengan Tahun Macan Logam Imlek 2561, tepatnya pada 14 Februari 2010. Pakar feng shui, Suhu Ong S Widjaya menulis dalam bukunya, Tahun 2010 – Tahun Macan Logam, Macan Yang Berani Penuh Ambisi, secara umum Tahun Macan akan dipenuhi ketegangan dan pergolakan. Di bidang ekonomi, meski ada peningkatan, tidak terlalu signifikan. Prinsipnya, clean government harus diterapkan di semua lini birokrasi. Sementara politik ada sedikit harapan, karena para elite politik mau duduk bersama mencari terobosan baru untuk mengatasi permasalahan bangsa.

Pada dasarnya Tahun Macan Logam ini ada ketidakselarasan (ciong) dengan Anda yang bershio macan meskipun kadarnya kecil. Kadar ciong yang lebih besar akan menekan dan dirasakan shio ular dan shio babi,” tulis pakar feng shui Kang Hong Kian dalam bukunya, Peruntungan di Tahun Macan Logam 2561. Sementara Anda yang bershio monyet akan mengalami ciong paling besar. Sebaliknya, Anda yang bershio kuda dan anjing diramalkan memperoleh keberuntungan yang cukup signifikan, diikuti shio tikus yang berada 1 level di bawahnya. Selebihnya, diikuti shio kerbau, kelinci, naga, kambing, dan ayam. Seperti apa detailnya, simak berikut ini.



Shio Macan

Semangat yang dimiliki orang bershio macan merupakan hal yang positif. Namun, jika berlebihan akan menghasilkan sesuatu yang justru tidak produktif. Gagasan yang Anda miliki hendaknya direncanakan sematang mungkin agar dapat diberdayakan hingga tahun selanjutnya. Untuk mengupayakannya diperlukan kedisiplinan dan fokus ke kepentingan yang bersifat positif. Tahun ini keberuntungan shio macan akan turun sekitar 13,5 persen dari tahun sebelumnya. Kendati tidak membuat Anda jatuh ke jurang kegagalan, seyogianya Anda bermawas diri. Keuangan akan stabil meskipun ada kecenderungan menurun. Sifat bersabar dan tidak gegabah dalam menjalankan aktivitas perekonomian sangat berpengaruh pada kestabilan ekonomi.

Tingginya mobilitas fisik dan psikis shio macan sangat berpotensi melahirkan stres, frustrasi bahkan depresi. Akibatnya, kesehatan fisik pun menjadi taruhannya seperti rawan gangguan liver dan ginjal. Menghadapi segala macam persoalan yang datang dengan strategi dan lapang dada akan banyak membantu Anda menghindari gangguan kesehatan.

Kondisi rumah tangga orang bershio macan tak ubahnya riak atau gelombang di laut yang dihadapi nelayan. Anda cenderung menanggapinya biasa saja. Meskipun kadarnya tidak akan terlalu besar, tetap harus mawas diri. Sedangkan untuk Anda yang masih sendiri, asmara yang datang banyak kepalsuan. Hindari jatuh cinta pada pandangan pertama.





Shio Kelinci

Emosi orang yang bershio kelinci tahun ini cenderung stabil. Namun, itu pun tidak cukup untuk meredam ambisi Anda yang meledak-ledak. Untuk itu Anda perlu mengutamakan logika dibanding perasaan. Keberuntungan shio kelinci umumnya bagus dibandingkan tahun lalu. Ada peningkatan yang signifikan. Peluang memperlebar keberuntungan pun sangat terbuka jika Anda mengindahkan hal di atas serta menjauhkan diri dari dunia gosip, hasutan, dan semacamnya yang hanya akan menimbulkan perdebatan tanpa ujung. Kondisi keuangan shio kelinci cenderung stabil. Masalah yang mengelilingi pundi-pundi emas Anda pun teramat kecil. Oleh karena itu, maksimalkanlah kondisi ini dengan baik. Jika Anda bisa mawas diri terhadap maraknya penipuan tahun ini, niscaya rezeki yang dihasilkan dari sektor sampingan pun lebih dari sekadar lumayan.

Tahun macan boleh dibilang masa recovery bagi yang bershio kelinci. Bahkan Anda yang memiliki penyakit akut pun punya peluang yang besar untuk sembuh. Kendati begitu, gangguan kesehatan masih bisa mengancam Anda terlebih di bulan Imlek ke-5, 7, 8, dan 11. Umumnya, gangguan akan menyerang rahang, tempurung, dan persendian Anda.

Bintang asmara shio kelinci tampaknya akan bersinar terang. Manfaatkanlah dengan baik bagi Anda yang berniat mencari jodoh tahun ini. Untuk yang sudah berumah tangga, permasalahan cenderung datang pada bulan Imlek ke-6, 7, dan 8. Namun, hal itu tidak sampai mengancam pernikahan Anda.



Shio Naga

Mudah lunturnya semangat, kinerja, dan produktivitas orang yang bershio naga, merupakan momok yang mengahantui tahun ini karena banyak mengandalkan orang lain semata. Ambisi dan semangat Anda sebenarnya di tahun macan ini bersinergi dengan baik. Tidak meratapi kegagalan dan terus melangkah ke depan mampu mengantar Anda ke gerbang kesuksesan, apalagi keberuntungan yang dimiliki shio naga meningkat sekitar 13,5 persen dari tahun sebelumnya. Yang terpenting hindari rasa pesimistis, merendahkan eksistensi pihak lain, dan memegahkan diri sendiri. Meski faktor keuangan Anda akan berjalan lancar, hendaknya Anda tidak terburu-buru atau menaruh harapan yang berlebihan terhadap bidang usaha yang Anda jalankan. Sebab ada proses demi proses yang terus berjalan. Selain itu ada baiknya Anda lebih mengandalkan kemampuan diri sendiri dibanding orang lain.

Di bidang kesehatan, shio naga mengalami kemajuan. Banyak peluang sembuh bagi Anda yang menderita penyakit menahun. Manfaatkanlah kondisi untuk menghasilkan rasa optimistis yang akan sangat membantu penyembuhan Anda. Sepanjang tahun ini, masalah kesehatan shio naga lebih banyak dialami karena faktor kecelakaan, seperti terkilir atau pun tergores.

Pemegahan diri seperti yang disebut di atas sangat berpengaruh terhadap timbulnya permasalahan dalam rumah tangga shio naga. Oleh karena itu, sikap low profile akan mampu mengantisipasi permasalahan rumah tangga yang serius. Bermacam bentuk kesalahpahaman pun akan mudah diatasi. Bagi Anda yang belum memiliki jodoh, peluang Anda tahun ini cukup baik. Namun, kepalsuan cinta akan hadir jika Anda berhubungan dengan shio kerbau, naga, kambing, dan anjing.



Shio Ular

Simbol shio macan dan shio ular yang berlawanan, tahun ini sangat tidak menguntungkan bagi yang bershio ular. Anda perlu waspada terhadap segala tipu daya yang mengelilingi Anda, terutama terhadap orang yang berada di dalam lingkaran Anda. Prinsip Anda yang cenderung kaku, jangan sampai membuat orang lain antipati terhadap Anda. Menjadi pendengar yang baik lebih baik ketimbang memberi komentar yang berlebihan. Hal yang akan sangat mengganggu Anda adalah kejenuhan. Oleh karena itu penting untuk memelihara semangat Anda di semua bidang. Faktor keberuntungan shio ular di Tahun Macan Logam ini tampaknya mengalami penurunan sampai tingkat yang mengkhawatirkan. Namun, jika pada Tahun Babi lalu Anda tidak melanggar pantangan semisal tidak mendirikan usaha baru, memperbaiki rumah, atau pindah rumah, kondisi keberuntungan Anda tidak mengalami gangguan berarti.

Keuangan yang akan dihadapi shio ular tahun ini tampaknya juga tidak terlalu baik, pemasukan tersendat dan nyaris terkendala berat. Ada baiknya Anda mengatur pengeluaran dengan skala prioritas. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Masalah kesehatan pun tampaknya banyak mengganggu Anda yang bershio ular. Karena itu, gangguan sekecil apa pun terutama di organ paru, tulang, gigi, dan jantung sebaiknya tidak dianggap enteng. Istirahat fisik dan pikiran yang cukup akan sangat membantu Anda menghindari gangguan kesehatan. Beruntungnya, masalah rumah tangga yang akan dihadapi shio ular berbanding terbalik dengan masalah keuangan dan kesehatan. Apa pun masalah yang timbul, rumah tangga Anda tetap harmonis, tentunya dengan sikap bijaksana masing-masing pasangan. Namun, bagi Anda yang berniat mencari pasangan, hendaknya lebih berhati-hati karena kepalsuan lebih mendominasi dibanding ketulusan.



Shio Kuda

Shio kuda membentuk segi tiga yang harmonis dengan shio macan dan shio anjing. Oleh karena itu, peruntungan shio kuda di Tahun Macan Logam ini cukup baik. Sifat pekerja keras yang dimiliki shio kuda akan memetik hasil. Kerja keras yang Anda upayakan tahun sebelumnya akan mulai berbuah tahun ini.

Hanya saja, shio kuda tetap harus berhati-hati dalam mengembangkan naluri, keterbukaan, dan tenggang rasa. Hal itu akan membuat Anda menjadi orang yang lebih dipercaya lagi. Keberuntungan shio kuda sendiri tahun ini meningkat sekitar 20 persen dibanding tahun lalu. Hasil yang maksimal akan Anda peroleh jika mampu menghapus keraguan yang terkadang mengganggu. Di bidang keuangan, potensi meningkat akan sangat besar. Akan memungkinkan datang tawaran yang di luar dugaan. Karena itu bukalah mata lebar-lebar terhadap peluang yang datang.

Untuk masalah kesehatan, Anda perlu waspada dengan bahaya api dan bahaya angin. Penyakit semacam stroke bisa menjadi hal yang sangat mengganggu. Mengelola perasaan dan pikiran akan membantu Anda agar tidak depresi. Terlebih, dalam rumah tangga Anda, keharmonisan tidak bersifat konstan. Artinya akan banyak gangguan yang mengiringi perjalanan rumah tangga Anda setahun mendatang. Bagi yang belum mendapat jodoh, ada baiknya tidak terburu nafsu. Memilihlah dengan jernih. Jika dirasa perlu, berkonsultasilah dengan orang yang dianggap pantas.



Shio Kambing

Shio kambing di Tahun Macan Logam Imlek 2561 pada dasarnya tidak akan terbebani bermacam hambatan. Kendati demikian bukan berarti tidak tertimpa masalah sama sekali. Masalah lebih banyak ditimbulkan dari dalam diri. Oleh karena itu, hilangkanlah perasaan rendah diri. Ini akan menjadi awal kebangkitan yang baik. Sifat dasar shio kambing yang terlalu baik dan tulus terkadang menjadi kelemahan yang mudah dimanfaatkan orang lain. Faktor peruntungan yang kurang baik 2 tahun ke belakang, tahun ini mulai menggeliat dan berubah drastis. Peningkatan keberuntungannnya sendiri bisa mencapai 40 persen.

Karena faktor keberuntungan meningkat, keuangan Anda pun seharusnya mengikuti. Namun, jangan sampai terburu-buru mengambil langkah besar. Amati setiap peluang demi peluang. Jangan terlalu percaya pada orang yang menawarkan usaha yang harus Anda biayai terlebih dulu, meski kedengarannya seperti kesempatan emas. Gencarkan aktivitas Anda untuk mendongkrak kinerja dan produktivitas.

Walau pekerjaan membutuhkan banyak perhatian, jangan sampai mengabaikan kesehatan. Dibanding tahun lalu, masalah kesehatan tahun ini lebih membutuhkan perhatian. Waspadai gangguan pada mata, urat saraf, tenggorokan, liver, kantong empedu, kaki, dan jantung.

Dalam berumah tangga Anda bisa sedikit lega, karena tidak seberat tahun lalu. Hanya saja permasalahan baru sangat mungkin timbul yang akibat perangkap asmara. Tingkatkanlah interaksi dan kualitas pertemuan dengan pasangan. Untuk lajang bershio kambing, tahun ini saatnya Anda bertemu si dia.



Shio Monyet

Pemaksaan diri tidak ubahnya merusak eksistensi diri. Sifat dasar shio monyet yang menggebu-gebu membuat kondisinya di Tahun Macan Logam tidak stabil. Akibatnya, permasalahan sekecil apa pun sulit teratasi. Meski peruntungan shio monyet tahun ini berada di peringkat paling rendah, Anda yang bershio monyet tidak perlu kecil hati. Perlakukanlah segala sesuatu sesuai porsinya dan terukur oleh kemampuan Anda.

Peruntungan shio monyet memang menurun drastis mencapai 40 persen. Hal ini sebaiknya Anda jadikan sebagai rambu dalam melangkah. Jangan mudah terpancing peluang yang teramat menjanjikan, padahal tidak lain hanyalah fatamorgana belaka, Berpikir objektif akan membantu Anda melihat dengan jernih dan memilah-milah peluang yang baik. Tahun ini keuangan Anda relatif mengkhawatirkan. Katakan tidak untuk setiap peluang yang bersifat spekulasi atau pertaruhan, apalagi masalah yang menyerempet bahaya.

Macam-macam gangguan juga akan mengelilingi kondisi kesehatan yang bershio monyet. Gangguan jantung dan stroke bisa mengancam dengan sangat besar. Selain itu waspadai pula gangguan pada percernaan, sendi, dan keselamatan kepala. Dalam berumah tangga, shio monyet tampaknya mengalami ujian yang tidak mudah tahun ini. Tidak mengungkit masa lalu akan membantu Anda dan pasangan tetap harmonis. Ingat, hal sekecil apa pun bisa memicu pertengkaran hebat. Jangan mudah terpancing kabar burung yang masuk ke telinga Anda. Hal itu juga berlaku untuk shio monyet yang belum berumah tangga.



Shio Ayam

Peruntungan shio ayam tampaknya tidak semulus tahun lalu, menurun sekitar 20 persen. Meski masih berada di atas shio monyet, jangan sampai terlena dengan harapan-harapan semu. Demam kesuksesan akan mudah melanda dan meninabobokan Anda. Keberhasilan yang bisa diperoleh shio ayam tahun ini bukan tidak ada sama sekali. Peluang itu masih terbuka asalkan Anda mampu meningkatkan produktivitas di semua bidang. Agar lebih produktif, Anda perlu disiplin lebih dan fokus ke tujuan yang ingin Anda raih.

Kondisi keuangan shio ayam tahun ini pun mengalami penurunan, namun tidak sampai pada titik mengkhawatirkan. Dengan strategi yang cermat, Anda bisa menstabilkan bahkan meningkatkan kondisi keuangan Anda. Waspadai benar bulan Imlek 4 hingga 7, jangan sampai melakukan kesalahan melangkah yang akan berakibat fatal. Pada waktu itu tidak ada salahnya lebih menahan diri.

Meski tidak bersifat fatal, gangguan kesehatan tahun ini agaknya jangan dianggap enteng apalagi diabaikan. Penampilan fisik terkadang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan. Ada baiknya di pertengahan tahun Anda melakukan pengecekan kesehatan. Lakukan pola hidup sehat dan kurangi begadang. Jika kondisi keuangan Anda mengalami penurunan, lain halnya dengan kondisi rumah tangga Anda yang cukup harmonis. Tidak ada gangguan yang bersifat fatal. Bagi lajang shio ayam, persahabatan berpotensi untuk jadian.



Shio Anjing

Sikap arogan, memaksakan kehendak, tidak kenal kompromi, dan mudah tersinggung merupakan hambatan yang berpotensi mengganjal aktivitas penting yang dilakukan shio anjing. Sisi baiknya Anda bisa menjadi jembatan keberhasilan terhadap hal-hal yang penting. Belajarlah untuk mengendalikan diri sendiri. Hal itu akan membantu Anda menghindar dari pengambinghitaman. Dengan ketenangan Anda bisa meraih kesuksesan yang nyata, terlebih dengan dukungan keberuntungan yang cukup baik. Dibanding tahun lalu, tahun ini naik hingga 47 persen. Kondisi keuangan pun akan mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, jika dalam 3 bulan pertama Tahun Macan Logam kondisi keuangan Anda belum menunjukkan hasil yang signifikan, jangan terburu-buru menyalahkan sesuatu. Ada baiknya Anda introspeksi diri.

Meningkatnya aktivitas Anda dalam segala hal terkadang membuat Anda melupakan hal yang penting seperti kesehatan dan keselamatan. Umumnya, shio anjing tidak mengalami gangguan kesehatan yang berarti. Namun, perlu mewaspadai gangguan pada pencernaan dan liver. Hal yang sama juga terjadi pada kondisi rumah tangga Anda, tidak ada gangguan yang teramat besar. Kendati begitu bukan berarti tanpa masalah. Masing-masing pasangan hendaknya lebih bersabar dalam menghadapi konflik. Untuk para lajang shio anjing, kesempatan menemukan pujaan hati cukup besar.



Shio Babi

Daripada keras kepala lebih baik Anda yang bershio babi bersifat kestaria. Tahun ini tahun yang sulit bagi shio babi. Dengan tidak lari dari kenyataan, segala macam permasalahan dapat terselesaikan. Perjalanan Anda di Tahun Macan Logam ini sangat terpengaruh sepak terjang Anda di Tahun Kerbau. Meski peruntungan Anda menurun hingga 13,5 persen, jika Anda dapat melewati Tahun Kerbau tanpa kendala, Tahun Macan pun tidak banyak menyulitkan Anda.

Namun, penurunan pada sektor keuangan Anda tidak terhindarkan. Pengeluaran yang bersifat sekunder sebaiknya Anda minimalkan, sekecil mungkin. Banyak tipu daya yang bisa menyulitkan Anda nantinya. Tahun ini Shio Babi tidak selaras dengan macan logam. Tidak heran berbagai gangguan kesehatan pun bermunculan, seperti pada jantung dan pengelihatan.

Sementara, dalam perjalanan rumah tangga Anda, aneka kabar burung yang menyesatkan datang silih berganti. Lebih mendekatkan diri secara spiritual akan memberikan dorongan moral yang besar kepada keharmonisan rumah tangga Anda. Sedangkan untuk yang masih sendiri, hendaknya lebih berhati-hati terhadap janji-janji manis.



Shio Tikus

Hambatan yang dialami shio tikus di Tahun Macan Logam ini muncul dari dalam atau luar, atau muncul dari keduanya secara bersamaan. Tahun yang berat untuk shio tikus dibanding Tahun Tikus Tanah dan Tahun Kerbau sebelumnya. Jika Anda mampu menyikapinya secara positif, tahun ini bisa Anda jadikan tahun untuk belajar dan menimba pengalaman. Anda dituntut lebih cerdik, antusias, dan bergairah dalam menyiasati segala macam masalah yang muncul. Hal itu akan didukung dengan keberuntungan Anda yang stabil dan cenderung meningkat. Tahun ini kondisi keuangan Anda akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Gunakanlah kesempatan ini untuk terus meningkatkan produktivitas. Sejalan dengan kondisi kesehatan Anda yang tidak mengalami gangguan spesifik. Namun, konflik yang timbul dari pekerjaan memungkinkan menaikkan stres Anda, yang berpotensi mengganggu sistem pencernaan.

Kendala yang Anda hadapi dalam berumah tangga pun akan menghilang seiring semakin harmonisnya hubungan Anda dengan pasangan. Pertahankan toleransi dan saling percaya. Bintang jodoh shio tikus tahun ini cukup terang, sehingga Anda yang lajang akan mudah melihat niat buruk dari tambatan hati Anda.



Shio Kerbau

Potensi yang dimiliki Shio Kerbau lebih baik ketimbang tahun lalu. Hanya saja kendala yang Anda hadapi pun tidak kecil. Karakter shio kerbau yang pekerja keras tahun ini agaknya perlu didukung ketenangan berpikir dan kesegaran fisik. Keberuntungan shio kerbau tahun ini meningkat sekitar 13,5 persen. Untuk lebih meningkatkan keberuntungan, Anda harus mampu mengubah kekalahan menjadi kemenangan. Perkecil gangguan yang besar dan lenyapkanlah gangguan yang kecil. Kondisi keuangan Anda pun akan meningkat dengan cukup baik. Ada baiknya menjalankan bisnis sampingan dengan selektif.

Gangguan kecil akan terjadi pada kesehatan Anda. Meskipun tidak sampai mengkhawatirkan, Anda perlu waspada terhadap gangguan rahang, ginjal, empedu, saraf, leher, dan pencernaan. Terhadap keselamatan, Anda perlu waspada terhadap tindak kejahatan yang berakibat fatal.

Riak-riak kecil dalam rumah tangga jangan Anda abaikan. Tingkatkan sikap saling terbuka dan hindari perlakuan mendominasi. Pada umumnya, masalah rumah tangga Anda tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Bagi Anda yang sedang mencari jodoh, bintang Anda tahun ini bersinar terang dengan kesempatan yang beragam.

Shio Macan:

09 Feb 1986 – 28 Jan 1987

23 Jan 1974 – 10 Feb 1975

05 Feb 1962 – 24 Jan 1963

17 Feb 1950 – 05 Feb 1951

31 Jan 1938 – 18 Feb 1939

13 Feb 1926 – 01 Feb 1927



Shio Kelinci:

29 Jan 1987 – 16 Feb 1988

11 Feb 1975 – 30 Jan 1976

25 Jan 1963 – 12 Feb 1964

06 Feb 1951 – 26 Jan 1952

19 Feb 1939 – 07 Feb 1940

02 Feb 1927 – 22 Jan 1928



Shio Naga:

17 Feb 1988 – 05 Feb 1989

31 Jan 1976 – 17 Feb 1977

13 Feb 1964 – 01 Feb 1965

27 Jan 1952 – 13 Feb 1953

08 Feb 1940 – 26 Jan 1941

23 Jan 1928 – 09 Feb 1929



Shio Ular:

06 Feb 1989 – 26 Jan 1990

18 Feb 1977 – 06 Feb 1978

02 Feb 1965 – 20 Jan 1966

14 Feb 1953 – 02 Feb 1954

27 Jan 1941 – 14 Feb 1942

10 Feb 1929 – 29 Jan 1930



Shio Kuda:

27 Jan 1990 – 14 Feb 1991

07 Feb 1978 – 27 Jan 1979

21 Jan 1966 – 08 Feb 1967

03 Feb 1954 – 23 Jan 1955

15 Feb 1942 – 04 Feb 1943

30 Jan 1930 – 16 Feb 1931



Shio Kambing:

15 Feb 1991 – 03 Feb 1992

28 Jan 1979 – 15 Feb 1980

09 Feb 1967 – 29 Jan 1968

24 Jan 1955 – 11 Feb 1956

05 Feb 1943 – 24 Jan 1944

17 Feb 1931 – 05 Jan 1932



Shio Monyet:

04 Feb 1992 – 22 Jan 1993

16 Feb 1980 – 04 Feb 1981

30 Jan 1968 – 16 Feb 1969

12 Feb 1956 – 30 Jan 1957

25 Jan 1944 – 12 Feb 1945

06 Feb 1932 – 25 Jan 1933



Shio Ayam:

23 Jan 1993 – 09 Feb 1994

05 Feb 1981 – 24 Jan 1982

17 Feb 1969 – 05 Feb 1970

31 Jan 1957 – 17 Feb 1958

13 Feb 1945 – 01 Feb 1946

26 Jan 1933 – 13 Feb 1934



Shio Anjing:

10 Feb 1994 – 30 Jan 1995

25 Jan 1982 – 12 Feb 1983

06 Feb 1970 – 26 Jan 1971

18 Feb 1958 – 07 Feb 1959

02 Feb 1946 – 21 Jan 1947

14 Feb 1934 – 03 Feb 1935



Shio Babi:

31 Jan 1995 – 18 Feb 1996

13 Feb 1983 – 01 Feb 1984

27 Jan 1971 – 14 Feb 1972

08 Feb 1959 – 27 Jan 1960

22 Jan 1947 – 09 Feb 1948

04 Feb 1935 – 23 Jan 1936



Shio Tikus:

19 Feb 1996 – 06 Feb 1997

02 Feb 1984 – 19 Feb 1985

15 Feb 1972 – 02 Feb 1973

28 Jan 1960 – 14 Feb 1961

10 Feb 1948 – 28 Jan 1949

24 Jan 1936 – 10 Feb 1937



Shio Kerbau:

07 Feb 1997 – 27 Jan 1998

20 Feb 1985 – 08 Feb 1986

03 Feb 1973 – 22 Jan 1974

15 Feb 1961 – 04 Feb 1962

29 Jan 1949 – 16 Feb 1950

11 Feb 1937 – 30 Jan 1938

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...