Pages

Senin, 16 Januari 2012

Hindari Kesalahan Finansial Demi Pernikahan Awet

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa masalah finansial dapat membuat pernikahan berada di ujung tanduk. Menurut para ahli, isu mengenai uang ini sudah ada sejak dulu. Terlepas dari kondisi pasar, uang selalu menjadi topi yang paling sering diperdebatkan oleh pasangan menikah.

Tentunya Anda tak ingin kehidupan pernikahan yang dijalin, hancur berantakan hanya karena masalah finansial, bukan? Untuk mengatasinya, ada baiknya jika Anda menghindari empat kesalahan finansial ini, seperti yang dikutip dari ezinearticle.

1. Menjadi Matrealistis
Penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan menikah yang memiliki sifat matrealis adalah pasangan yang tidak bahagia. Penelitian yang dilakukan oleh BYU dan William Jefferson University mengemukakan, mereka yang memiliki pengalaman bermasalah dengan keuangan justru memiliki banyak uang.

Terkadang, orang-orang seperti itu memiliki mimpi yang besar walaupun mereka tahu bahwa finansialnya tak mampu. Mereka bahkan bisa bersikap keras pada pasangan mereka demi membeli barang mewah yang memuaskan dirinya. Jika pasangannya mudah menyerah, maka mereka akan mengalami masalah finansial di kemudian hari.

2. Tidak Memiliki Akun Bersama
Menurut perencana keuangan dari Veritana Financial Planning, Inc, di California, Susan E. Honig memiliki akun bank terpisah, bisa membuat pasangan saling curiga dan cenderung menyembunyikan sesuatu dari pasangannya. Pernikahan pun bisa bermasalah kalau hal itu dilakukan.

Oleh karena itu Honig menyarankan buatlah akun bersama. Sebelumnya putuskan dulu uang apa saja yang akan dimasukkan ke dalam akun tersebut. Sebaiknya buat dua akun, akun yang khusus untuk pengeluaran penting dan akun untuk bersenang-senang. Diskusikan juga berapa jumlah uang yang kedua belah pihak setuju untuk dimasukkan ke akun bersama itu. Dengan cara ini, pasangan bisa mengatur keuangan mereka dengan lebih sehat.

3. Berjudi
Walau merupakan hal yang dilarang, tak jarang beberapa orang masih melakukan kebiasaan berjudi. Menurut pakar pernikahan, kebiasaan buruk ini merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan perceraian karena masalah uang. Oleh karena itu, cara seseorang menjaga keuangan dari pasangannya yang bermasalah, adalah hal penting demi mendapatkan kehidupan pernikahan yang langgeng.

4. Tidak Tahu Cara Membelanjakan Uang
Anda dan pasangan harus duduk berdua dan mendiskusikan tentang bagaimana cara yang tepat untuk membelanjakan uang bersama. Hal ini sangat penting, terutama untuk pasangan yang memiliki paham berbeda mengenai uang, misalnya Anda adalah seorang yang hemat sedangkan pasangan merupakan orang yang senang belanja.

Tentukan batas pengeluaran, mulai dari berapa besar limit kartu kredit Anda hingga berapa banyak uang yang harus ditabungkan tiap bulannya. Setelah itu, Anda dan pasangan bisa menentuka siapa yang akan bertanggung jawab untuk membiayai keperluan sehari-hari atau berinvestasi.

(eya/kik)
Eya Ekasari - wolipop
redaksi[at]wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...