Pages

Minggu, 15 Januari 2012

Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Kantor merupakan rumah kedua dan tempat mengeluarkan ide –ide creative, istilah itu mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Dalam profesionalisme bekerja, mau tidak mau kita dituntut untuk berpenampilan prima, dengan runitas yang padat akan pekerjaan kantor yang terkadang membuat Anda stress. Rasa nyaman, tenang, enjoy, dan bebas dari stres secara tidak langsung memiliki kaitan erat dengan lingkungan sekitar, bagai mana Anda menjalin hubungan dengan rekan kerja.


Pada umumnya, pekerja kantoran menghabiskan waktu sekitar 8 jam sehari di kanor. Nah, bisa Anda bayangkan bagaimana jika Anda tidak mempunyai hubungan yang baik dengan rekan kerja? Pasti suasana kerja menjadi tidak enak dan kantor akan menjadi tempat yang paling menyiksa buat Anda. It was really awful !

Di dunia kerja, membangun hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja itu jelas sangat penting. Apalagi sekarang ini, penilaian kinerja seseorang tidak hanya dinilai melalui kecerdasan dan ketrampilan sebagai individu, tetapi juga bagaimana bekerja secara tim. Jika Anda merasa sulit untuk berinteraksi dengan rekan kerja, Anda bisa mempertimbangkan tips berikut:

Bersikap Ramah

Ketrampilan untuk bersikap ramah itu bisa dipelajari. Kuncinya, kita punya hati menghargai orang lain. Dengan melemparkan senyuman kecil atau sapaan ringan saat bertemu rekan, mereka akan merasa senang karena keberadaannya Anda hargai.

Rendah Hati

Jika Anda mempunyai kelebihan dalam skill performance yang lebih baik dari rekan kerja Anda, tidak ada alasan untuk berbangga diri yang berlebihan, Talenta yang Anda punya haruslah disyukurin, bukan untuk disombongkan, karena kesembongan akan menjauhkan Anda dari pergaulan.

Menghargai

Sikap Menghargai memiliki peran yang sangat penting dalam hubungan bersosialisasi sesama rekan kerja. Jangan pernah untuk mencela rekan kerja yang memiliki kekurangan, Tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama.''No body perfects Guys''

Argument

Perbedaan pendapat dengan rekan kerja pasti selalu terjadi dalam keseharian rutinitas kantor. Tiap individu memiliki latar belakang yang berbeda (budaya maupun pendidikan), karakter, dan idealisme yang berbeda. Saat menghadapi suatu permasalahan dan selang pendapat, masing-masing induvidu tentu akan menanggapi dengan cara, gaya dan ekspresi yang berlainan. Jika menemukan perbedaan pendapat sebaiknya segeralah selesaikannya dengan secepat mungkin, jangan biarkan hal itu berlarut- larut menjadi sebuah perselisihan dan membuat hubungan tidak harmonis antar rekan kerja.

Dalam hal menciptakan suasana kerja nyaman itu sebenarnya perkara mudah jika Anda memiliki jalinan hubungan yang baik dengan rekan kerja, hal yang tidak baik dalam bersosialisasi adalah selalu menyalahkan dan menuntut orang untuk berlaku sesuai keinginan Anda.

Chandra Ming (General Manager JobsDB.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...