Pages

Sabtu, 31 Maret 2012

3 Hal Penting Berkomunikasi Menggunakan Telepon

Rasanya pembaca akan sepakat dengan saya bahwa saat ini telepon sudah menjadi bagian dari kehidupan. Baik untuk urusan pribadi ataupun bisnis, hampir semua orang pernah dan masih terus melakukan komunikasi menggunakan telepon. Sepakat?
Baik... Kali ini blog dangkal akan melanjutkan artikel seputar telepon setelah kemarin mengetengahkan artikel tentang pertama kalinya orang berkomunikasi jarak jauh- kini masih seputar telepon, "3 Hal Penting Berkomunikasi Menggunakan Telepon".

Dalam melakukan komunikasi melalui telepon, selain pesan yang disampaikan, cara penyampaian pun termasuk ke dalam hal yang sangat berpengaruh disaat orang melakukan telekomunikasi menggunakan telepon.

Misalkan, ada seorang pelanggan menelepon pembaca, akan tetapi suara diujung sana disambut dengan jawaban yang ketus dan bicara yang singkat-singkat. (Ujung-ujungnya) tidaklah mengherankan penelepon tadi memutuskan untuk tidak menjadi pelanggan pembaca.

Hal lain yang tak kalah penting, efisiensi dan efektifitas penggunaan telepon. Untuk hal-hal yang tidak penting, misalnya berbicara panjang lebar yang tidak berkaitan dengan bisnis atau urusan pelanggan yang perlu pelayanan, padahal banyak urusan lain menggunakan telepon yang lebih penting, tentu saja itu bukan cara bertelepon yang tepat. Bila pelanggan tidak dilayani dan merasa diabaikan akan memberikan kesan yang buruk terhadap bisnis yang sedang pembaca jalankan.

  
Berikut 3 Hal Penting Berkomunikasi Menggunakan Telepon.

1. Berlaku Sopan.
Sopan santun adalah modal utama agar menyenangkan lawan bicara di ujung telepon. Dengan berlaku sopan, lawan bicara merasa diperhatikan dan dihargai. Jangan meremehkan panggilan lawan bicara di telepon sekalipun pembaca dalam kondisi sibuk dan merasa lebih penting dibandingkan melayani lawan bicara di telepon. Usahakan tetap mereka dilayani dengan sopan, dengan mengarahkan pada pembicaraan yang efektif dan efisien tanpa mengurangi kesan perhatian kepada lawan bicara.

2. Siapkan catatan.
Perlu sekali bagi pembaca yang menerima telepon mempersiapkan alat tulis dan kertas. Karena keterbatasan daya ingat, pembaca perlul sekali mencatat nama atau nomor telepon orang lain. Akan sangat mengurangi sikap profesionalisme bila pembaca mengulang-ulang pertanyaan yang sama padahal sudah cukup jelas disampaikan oleh lawan bicara di seberang sana. Catatan akan sangat membantu di saat memperoleh informasi yang detil dan rinci, semisal penjumlahan, alamat, waktu, dan tanggal.

3. To the point.
Saatnya bagi pembaca untuk berbicara jelas dan mengarah pada pokok permasalahan saat menerima telepon. Perlu dibedakan antara bicara langsung tatap muka dengan berbicara di telepon. Dengan menelepon, suara adalah satu-satunya yang diserap oleh lawan bicara. Untuk itu, guna menghindari salah faham saat berkomunikasi, bicaralah dengan artikulasi yang jelas sehingga tidak salah ditangkap oleh lawan bicara. Juga, bicara jangan sampai melebar untuk memperbincangkan hal-hal yang tidak berguna.

Itu saja tips kali ini..Semoga artikel, "3 Hal Penting Berkomunikasi Menggunakan Telepon" ini bisa berguna bagi pembaca, cheers!

Sumber: http://www.adetruna.com/2012/03/3-hal-penting-berkomunikasi-menggunakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...