Pages

Minggu, 10 Oktober 2010

Penyebab Kita Menyalahkan Orang Lain

Kita semua berurusan dengan orang-orang yang menyalahkan orang lain sepanjang waktu dan berusaha kelihatan benar dengan membuat orang lain tampak salah.


Orang-orang seperti ini biasanya takut untuk mengakui bahwa mereka berbagi tanggung jawab dan merasa nyaman ketika orang lain yang menanggung kesalahan atas hal buruk yang terjadi.

Kadang-kadang tindakan menyalahkan orang lain artinya adalah sebuah permintaan dukungan, ketika seseorang menginginkan kita untuk memperbaiki keadaan untuknya (mungkin atas kesalahan yang dilakukannya), dia mungkin akan menyalahkan kita dalam rangka untuk memotivasi kita untuk mengambil tindakan supaya dia selamat.

Tindakan menyalahkan jenis ini sangat jelas terlihat dan dapat diketahui oleh setiap orang dengan mudah. Namun ada lagi yang lebih berbahaya, halus, tidak terlihat dan dalam waktu bersamaan begitu dahsyat sehingga menyebabkan orang yang mendapat kesalahan merasa bahwa dia salah sekalipun dia benar.

MENYALAHKAN DENGAN CARA YANG HALUS

“Kamu Egois dan hanya berpikir tentang diri sendiri”

Walaupun pernyataan ini ditujukan pada orang yang egois, kata-kata ini juga dapat diucapkan oleh seseorang yang TAKUT dan yang tidak menemukan cara lain UNTUK MERASA LEBIH BAIK selain menyalahkan orang lain atas rasa sakit yang ia rasakan.

Hal yang sama berlaku untuk  memberitahu seseorang bahwa dia sombong, bukannya mengakui bahwa Anda takut bahwa dia tidak menyukai Anda. Kadang-kadang kita memberi LABEL kepada orang lain seperti egois, sombong atau keras kepala untuk menyingkirkan tanggung jawab dan melarikan diri dari pemecahan masalah bersama.

Jauh lebih sulit untuk mengambil tindakan, untuk mencari penyebab dan solusi dari masalah utama dan untuk menyingkirkan luka-luka emosional kita daripada menyalahkan orang lain atas penderitaan yang kita rasakan.

Bagaimana Cara Berhenti Menyalahkan Orang lain?

Jika Anda menyalahkan orang lain atas masalah anda maka sangat mungkin Anda masih melekat pada cara anak kecil. Anak-anak selalu menyalahkan orang lain karena mereka belum belajar bagaimana untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Menyalahkan orang lain adalah biasanya merupakan indikasi kurangnya kemampuan untuk menerima dan menghadapi situasi yang berbeda. Belajar bagaimana menerima situasi secara benar pasti akan membantu Anda berhenti menyalahkan orang lain.

Orang yang menyalahkan orang lain biasanya dalam posisi lemah dan ia mencoba untuk mendapatkan power atas situasi yang tidak enak dengan menyalahkan orang lain. Jika Anda ingin berhenti menyalahkan orang lain maka Anda harus belajar bagaimana cara untuk  membuat hidup Anda “in control”, lebih tegar dan tenang dalam menghadapi masalah hidup yang bervariasi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...