Pages

Rabu, 21 April 2010

Kiat mendapatkan penghasilan lebih

Disaat krisis ekonomi global seperti ini, kebutuhan hidup yang semakin meningkat, menyebabkan kita memerlukan penghasilan lebih yang lebih meningkat dari sekarang. Kesetiaan pun adakalanya sudah sudah dilupakan khususnya didalam dunia kerja, perusahaan dalam kondisi krisis memaksa untuk membatalkan kontrak kerja, pemutusan hubungan kerja (PHK), sehingga pengurangan tenaga kerja didalam perusahaan menjadi biasa. Berikut ini beberapa kiat mendapatkan penghasilan lebih;

1. Berhenti ketika ada di puncak
Hindari ketika kita keluar pekerjaan, kondisi pekerjaan kita dalam kondisi kacau atau kita sedang bermasalah dengan atasan sendiri. Pastikan kita berhenti kerja ketika kita berada di puncak, puncak kesuksesan, hal ini bisa membuat kita “bernilai” jauh lebih tinggi di tempat kita melamar kerja yang baru.

2. Jangan memandang rendah, perlakukan diri sendiri dan usaha kecil dengan semangat tinggi
Penghargaan-penghargaan atau pujian-pujian yang pernah kita terima, coba kita lupakan agar kita berjuang lagi mendapatkan penghargaan dan pujian yang berikutnya. Ketika interview / wawancara, coba simpan pertanyaan seperti “kompensasi apa yang saya terima oleh perusahan ini?”, setidak-tidaknya hingga akhir dari interview.

3. Menghargai diri sendiri dengan nilai yang tinggi
Point ini seperti bertentangan dengan poin kedua, tetapi sebenarnya ini untuk memacu diri sendiri agar mendapatkan kesuksesan di masa depan. Posisikan diri kita seperti perusahaan sedang berusaha memasarkan atau menciptakan suatu produk baru, tanyakan pada diri sendiri apa yang harus kita lakukan supaya mendapatkan posisi menguntungkan itu. Janganlah kita menunggu pasar yang datang tetapi kita yang pro-aktif.



4. Berpindah-pindah pekerjaan merupakan strategi
Bekerja selama 10 atau bahkan 20 tahun di perusahaan yang sama merupakan strategi lama, bahkan saat ini sangat riskan untuk dilakukannya. Banyak kasus ketika perusahaan menghadapi tekanan krisis, untuk meraih keuntungan lebih atau bersiap menghadapi persaingan yang kompetitif, perusahaan melakukan PHK atau menutup divisi.

5. Buat rencana sebelum interview
Hindari mempromosikan diri atau mempresentasikan diri kita secara konvensional, tunjukkan apa dan bagaimana kita berperan dan hal ini bisa membedakan kita dengan kandidat-kandidat yang lain.

6. Segala kemungkinan bisa terjadi
Coba lakukan penelitian atau riset yang mendalam mengenai industri atau perusahaan yang sesuai dengan kemampuan kita yang sedang meningkat atau booming. Amati dan pehatikan segala perkembangan pasar dan kesempatan yang ada, baik melalui internet, koran, TV. Tetapi selama kita masih bekerja di perusahaan yang sekarang ini, kita tetap untuk bersikap setia, melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya (untuk mencapai point pertama) meskipun tidak lama lagi kita berencana keluar.

Semoga kiat ini bermanfaat khususnya para pencari penghasilan lebih untuk mencapai kesuksesan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...